MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN DAN KARAKTERISTIKNYA
Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Dosen : Dr. Robinson Situmorang, M.Pd
Disusun oleh:
Mela
Helfiani (7772150084)
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PASCASARJANA
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2016
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb
Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT atas
rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat
serta salam disampaikan kepada Nabi Besar Muhammad SAW dengan harapan kita
semua mendapat limpahan rahmat dari Allah SWT.
Pada Kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak
terima kasih kepada yang terhormat Bapak Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. selaku dosen mata kuliah Pengembanagan Media dan
Pengelolaan Sumber Belajar yang selalu memberikan masukan-masukan dan
dukungannya dalam menyusun makalah dan menjalani perkuliahan khususnya pada
mata kuliah ini.
Akhir
kata semoga makalah
ini dapat memberikan banyak manfaat. Adapun kekurangan dalam penulisan ini
penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Serang, Desember
2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Penggunaan media
pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantuk efektifan
proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat
itu,sehingga yang menjadi target dari pembelajaran bisa tercapai secara
maksimal.
Media pembelajaran merupakan
komponen intruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dengan
masuknya berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan, media pembelajaran terus
mengalami perkembangan dan terampil dalam berbagai jenis dan format, dengan
masing-masing ciri dan karakteristiknya. Dari sinilah kemudia timbul
usaha-usaha untuk melakukan klasifikasi atau pengelompokan media yang mengarah
pada pembuatan taksonomi media pendidikan
ataupun pembelajaran.
Berdasarkan pemahaman atas
klasifikasi media pembelajaran akan mempermudah para guru atau praktisi lainnya
dalam melakukan pemilihan media yang tepat pada waktu merencanakan pembelajaran
untuk mencapai tujuan tertentu dan menekan kegagalan dalam pembelajaran.
Pemilihan media yang disesuaikan dengan tujuan, materi, serta kemampuan dan
karakteristik belajar, akan sangat menunjang efisiensi dan efektifitas proses
dan hasil pembelajaran.
B.
Rumusan
Masalah
1. Sebutkan
jenis-jenis media pembelajaran !
2. Uraikan
klasifikasi media pembelajaran !
3. Jelaskan
karakteristik media pembelajaran !
BAB II
PEMBAHASAN
A. Jenis Media
Pembelajaran
Meskipun
sudah banyak ragam dan format media yang dikembangkan dan diproduksi untuk
pembelajaran, namum pada dasarnya media tersebut dapat di kelompokkan menjadi
empat jenis, yaitu sebagai berikut :
a. Media audio
Media audio adalah jenis media yang
digunakan dalam proses pembelajaran dengan hanya melibatkan pendengaran peserta
didik.
b. Media visual
Meida visual adalah jenis media yang
dugunakan hanya mengandalkan indera penglihatan semata.
c. Media
audio-visual
Media audio-visual adalah jenis
media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran
dan penglihatan sekaligus dalam satu proses.
d. Multimedia
Multimedia yaitu media yang
melibatkan berbagai indera dalam satu kegiatan pembeljaran.
B. Karakteristik
Media Pembelajaran
Media audio
Karakteristik
media audio berdasarkan kemampuan media dalam membangkitkan rangsangan indra
pendengaran. Ciri utama dari media ini adalah pesan
yang disalurkan melalui media audio dituangkan dalam lambang auditif, baik
verba (kedalam kata-kat/bahasa lisan) maupun nonverbal. Beberapa jenis dari
media yang dapat dikelompokkan dalam media audio antara lain : Radio, alat
perekam pita magnetic. Piringan hitam, dan laboratorium bahasa.
Media visual
Karakteristik dari media visual adalah unsure-unsur terdiri dari garis,
bentuk, warna, dan tekstur. Media visual terbagi dua, yaitu : media visual
non-proyeksi dan media visual proyeksi.
Karakteristik
media visual non-proyeksi
Media visual
non-proyeksi merupakan jenis media yang sering digunakan dalam pembelajaran.
Media visual nonproyeksi dapat menterjemahkan ide abstrak menjadi lebih
realistik. Jenis-jenis media visual nonproyeksi yaitu : gambar, grafik,
diagram, bagan, peta, lukisan, dan foto.
Media visual proyeksi
Media visual
proyeksi adalah media-media visual yang bias diproyeksi. Media-media visual proyeksi yang menampilkan
objek lebih besar dari aslinya pada layar proyeksi. Media-media proyeksi
seperti :
v Power point
v Kamera
digital
Media Audio-Visual
Karakteristik yang menonjol dari media audio-visual adlah menggunakan
alat keras selama proses belajar mengajar. Karena media ini dapat menggunakan
gambar (visual) dan suara (audio), atau yang mampu menampilkan
gambar bergerak. Media ini dapat menampilkan unsur gambar dan suara secara
bersamaan pada saat mengkomunikasikan pesan. Media audio-visual terbagi dua
macam yaitu: audio visual murni adalah unsur suara dan unsur gambar
berasal dari satu sumber, minsalnya, video dan kaset. Dan audio visual tidak
murni yaitu unsur suara dan unsur gambar berasal dari sumber yang berbeda.
Misalnya film bingkai suara yang unsur gambarnya berasal dari slide proyektor
dan unsur suaranya dari tape recorder.
Multimedia
Multimedia merupakan penggabungan dua atau lebih format media yang
terpadu gseperti teks, grafik, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu
system penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang
membentuk suatu unit.
· Multimedia
content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa
media yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk
multimedia. Minsalnya, media teks, audio, image, dan video animasi.
· Multimedia
communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa) seperti :
televise, radio, dan internet.
C. Klasifikasi
Media Pembelajaran
Setiap jenis media memiliki
karakteristik masing- masing dan menampilkan fungsi tertentu dalam menunjang
keberhasilan proses belajar peserta didik. Agar peran dan sumber media belajar
tersebut menunjukkan pada suatu jenis media tertentu, maka media-media belajar
itu perlu di klasifikasikan menurut suatu metode tertentu sesuai dengan sifat
dan fungsinya terhadap pembelajaran. Pengelompokan itu penting untuk memudahkan
para peseta didik dalam memahami sifat media. Menurut Setyosari dan
Sihkabudden, ada lima kategori dalam pengelompokon media pembelajaran, yaitu
sebagai berikut :
a.
Pengelompokan
Berdasarkan Ciri Fisik.
Berdasarkan ciri dan bentuk fisiknya, media
pembelajaran dapat dikelompokan dalam empat macam, yaitu :
1) Media
pembelajaran dua dimensi
Media pembelajaran dua dimensi adalah media tampilan
yang dapat diamati dari satu arah pandangan yang dapat dilihat hanya panjang dan
lebar saja. Penggunaannya tidak menggunakan media proyeksi. Seperti : grafik,
peta, dan papan tulis.
2)
Media pembelajaran tiga dimensi
Media pembelajaran tiga dimensi adalah media tampilan
yang dapat diamati dari arah manapun saja dan mempunyai ukuran panjang, lebar
dan tebal atau timggi. Seperti : gunung, mobil, rumah, dan sebagainya.
3)
Media pandang diam
Media pandang diam adalah media yang
menggunakan media proyeksi yang hanya menampilkan gambar diam pada layar.
Misalnya foto, tulisan, gambar.
4)
Media pandang gerak
Media pandang gerak yaitu
media yang menggunakan media proyeksi yang dapat menampilkan gambar bergerak
dilayar, termasuk media televisi, film atau video recorder.
b. Pengelompokan Berdasarkan Pengalaman Belajar
Menurut Thomas, Ia mengelompokkan media pembelajaran menjadi tiga
kelompok yaitu:
·
Pengalaman langsung
·
Pengalaman tiruan
·
Pengalaman dari kata-kata
c. Pengelompokan
Berdasarkan Persepsi Indera
Media audio,
media yang menghasilkan bunyi, contoh radio
Media visual, media visual dua dimensi dan media visual tiga dimensi
Media audio-visual, yang dapat menghasilkan rupa dan suara dalam satu unit media
Media audio motion visual, penggunan segala kemampuan audio dan visual dalam kelas, seperti televise
Media audio
still visual, lengkap kecuali penampilan motion( tidak
memiliki gerak)
Media audio semi-motion, media yang berkemampuan menampilkan titik- titik tetapi tidak bisa
menstramisi secara utuh suatu motion yang nyata.
Media mition
visual, silent film,
Media still
visual, gambar dan transpransi
Media audio,
telepon dan radio
Media cetak, yang hanya menapilkan informasi berupa symbol- symbol tertentu, seperti
buku.
d.
Pengelompokan
Berdasarkan Penggunaannya
Bedasarkan
jumlah penggunaannya
Berdasarkan
cara penggunaannya
Berdasarkan
hirarki menfaat media
e. Berdasarkan
Hirakri Manfaat Media
Semakin rumit jenis perangkat media yang dipakai, semakin mahal biaya
investasinya, semakin susah pengadaannya, tetapi semakin umum penggunaannya dan
semakin luas lingkup sasarannya. Sebaliknya, semakin sederhana jenis
perangkatnya, semakin murah biaya, semakin mudah penggadaan, sifat penggunaanya
semakin khusus dan lingkup sasarannya semakin terbatas.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Sudah sangat
banyak ragam dan format media yang dikembangkan dan diproduksi untuk
pembelajaran, namum pada dasarnya media tersebut dapat di kelompokkan menjadi
empat jenis, yaitu : Media Audio, media
visual, media audio-visual, dan multimedia.
2. Pengelompokan
media pembelajaran itu sangatlah penting. Media pembelajaran diklasifikasikan
berdasarkan ciri fisik, berdasarkan pengalaman belajar, berdasarkan persepsi
indera, berdasarkan pengunaan, dan berdasarkan manfaat atau hirarki.
3. Setiap media
pembelajaran memiliki karakteristik masing-masing itu semua berdasarkan dari
jenis media pembelajaran.
B. Kritik dan
Saran
Demikian makalah psikologi pendidikan yang dapat kami paparkan.
Semoga barmanfa’at. Dan tentunya makalah ini tidak terlepas dari kesalahan,
kekurangan, dan kekeliruan. Oleh karena itu penulis memohpon kritik dan saran
yang bersifat membangun guna perbaikan makalah selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Ashar. 2002. Media
Pembelajaran. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. 2010. Kreatif
Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada.
Sadiman, Arif S. 2009. Media
Pendidikan:Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta. PT
Rajagrafindo Persada.
http://fatimahsukses21.blogspot.com/2012/11/klasifikasi-dan-karakteristik-media.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar