Sabtu, 03 Desember 2016

MEDIA PEMBELAJARAN DAN KARAKTERISTIKNYA



MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN DAN KARAKTERISTIKNYA

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Dosen : Dr. Robinson Situmorang, M.Pd




 


  



Disusun oleh:
        Mela Helfiani           (7772150084)


PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PASCASARJANA UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2016

KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam disampaikan kepada Nabi Besar Muhammad SAW dengan harapan kita semua mendapat limpahan rahmat dari Allah SWT.
Pada Kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat Bapak Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. selaku dosen mata kuliah Pengembanagan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar yang selalu memberikan masukan-masukan dan dukungannya dalam menyusun makalah dan menjalani perkuliahan khususnya pada mata kuliah ini.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan banyak manfaat. Adapun kekurangan dalam penulisan ini penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Serang,    Desember  2016

                                                                                                      Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantuk efektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu,sehingga yang menjadi target dari pembelajaran bisa tercapai secara maksimal.
Media pembelajaran merupakan komponen intruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dengan masuknya berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan, media pembelajaran terus mengalami perkembangan dan terampil dalam berbagai jenis dan format, dengan masing-masing ciri dan karakteristiknya. Dari sinilah kemudia timbul usaha-usaha untuk melakukan klasifikasi atau pengelompokan media yang mengarah pada pembuatan taksonomi media pendidikan  ataupun pembelajaran.
Berdasarkan pemahaman atas klasifikasi media pembelajaran akan mempermudah para guru atau praktisi lainnya dalam melakukan pemilihan media yang tepat pada waktu merencanakan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu dan menekan kegagalan dalam pembelajaran. Pemilihan media yang disesuaikan dengan tujuan, materi, serta kemampuan dan karakteristik belajar, akan sangat menunjang efisiensi dan efektifitas proses dan hasil pembelajaran.

B.     Rumusan Masalah
1.      Sebutkan jenis-jenis media pembelajaran !
2.      Uraikan klasifikasi media pembelajaran !
3.      Jelaskan karakteristik media pembelajaran !











BAB II
PEMBAHASAN
A.    Jenis Media Pembelajaran
            Meskipun sudah banyak ragam dan format media yang dikembangkan dan diproduksi untuk pembelajaran, namum pada dasarnya media tersebut dapat di kelompokkan menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut :
a.      Media audio
Media audio adalah jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan hanya melibatkan pendengaran peserta didik.
b.     Media visual
Meida visual adalah jenis media yang dugunakan hanya mengandalkan indera penglihatan semata.
c.      Media audio-visual
Media audio-visual adalah jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses.
d.     Multimedia
Multimedia yaitu media yang melibatkan berbagai indera dalam satu kegiatan pembeljaran.
B.     Karakteristik Media Pembelajaran
     Media audio
Karakteristik media audio berdasarkan kemampuan media dalam membangkitkan rangsangan indra pendengaran. Ciri utama dari media ini adalah pesan yang disalurkan melalui media audio dituangkan dalam lambang auditif, baik verba (kedalam kata-kat/bahasa lisan) maupun nonverbal. Beberapa jenis dari media yang dapat dikelompokkan dalam media audio antara lain : Radio, alat perekam pita magnetic. Piringan hitam, dan laboratorium bahasa.
     Media visual
Karakteristik dari media visual adalah unsure-unsur terdiri dari garis, bentuk, warna, dan tekstur. Media visual terbagi dua, yaitu : media visual non-proyeksi dan media visual proyeksi.
     Karakteristik media visual non-proyeksi
Media visual non-proyeksi merupakan jenis media yang sering digunakan dalam pembelajaran. Media visual nonproyeksi dapat menterjemahkan ide abstrak menjadi lebih realistik. Jenis-jenis media visual nonproyeksi yaitu : gambar, grafik, diagram, bagan, peta, lukisan, dan foto.
     Media visual proyeksi
Media visual proyeksi adalah media-media visual yang bias diproyeksi.  Media-media visual proyeksi yang menampilkan objek lebih besar dari aslinya pada layar proyeksi. Media-media proyeksi seperti :
v  Power point
v  Kamera digital
      Media Audio-Visual
Karakteristik yang menonjol dari media audio-visual adlah menggunakan alat keras selama proses belajar mengajar. Karena media ini dapat menggunakan gambar (visual) dan suara (audio), atau yang mampu menampilkan gambar bergerak. Media ini dapat menampilkan unsur gambar dan suara secara bersamaan pada saat mengkomunikasikan pesan. Media audio-visual terbagi dua macam yaitu: audio visual murni adalah unsur suara dan unsur gambar berasal dari satu sumber, minsalnya, video dan kaset. Dan audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambar berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya film bingkai suara yang unsur gambarnya berasal dari slide proyektor dan unsur suaranya dari tape recorder.
      Multimedia
Multimedia merupakan penggabungan dua atau lebih format media yang terpadu gseperti teks, grafik, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu system penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit.
·       Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia. Minsalnya, media teks, audio, image, dan video animasi.
·       Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa) seperti : televise, radio, dan internet.
C.    Klasifikasi Media Pembelajaran
Setiap jenis media memiliki karakteristik masing- masing dan menampilkan fungsi tertentu dalam menunjang keberhasilan proses belajar peserta didik. Agar peran dan sumber media belajar tersebut menunjukkan pada suatu jenis media tertentu, maka media-media belajar itu perlu di klasifikasikan menurut suatu metode tertentu sesuai dengan sifat dan fungsinya terhadap pembelajaran. Pengelompokan itu penting untuk memudahkan para peseta didik dalam memahami sifat media. Menurut Setyosari dan Sihkabudden, ada lima kategori dalam pengelompokon media pembelajaran, yaitu sebagai berikut :
a.      Pengelompokan Berdasarkan Ciri Fisik.
Berdasarkan ciri dan bentuk fisiknya, media pembelajaran dapat dikelompokan dalam empat macam, yaitu :
1)      Media pembelajaran dua dimensi
Media pembelajaran dua dimensi adalah media tampilan yang dapat diamati dari satu arah pandangan yang dapat dilihat hanya panjang dan lebar saja. Penggunaannya tidak menggunakan media proyeksi. Seperti : grafik, peta, dan papan tulis.
2)      Media pembelajaran tiga dimensi
Media pembelajaran tiga dimensi adalah media tampilan yang dapat diamati dari arah manapun saja dan mempunyai ukuran panjang, lebar dan tebal atau timggi. Seperti : gunung, mobil, rumah, dan sebagainya.
3)      Media pandang diam
Media pandang diam adalah media yang menggunakan media proyeksi yang hanya menampilkan gambar diam pada layar. Misalnya foto, tulisan, gambar.
4)      Media pandang gerak
Media pandang gerak yaitu media yang menggunakan media proyeksi yang dapat menampilkan gambar bergerak dilayar, termasuk media televisi, film atau video recorder.
b.     Pengelompokan Berdasarkan Pengalaman Belajar
Menurut Thomas, Ia mengelompokkan media pembelajaran menjadi tiga kelompok yaitu:
·         Pengalaman langsung
·         Pengalaman tiruan
·         Pengalaman dari kata-kata
c.     Pengelompokan Berdasarkan Persepsi Indera
      Media audio, media yang menghasilkan bunyi, contoh radio
      Media visual, media visual dua dimensi dan media visual tiga dimensi
        Media audio-visual, yang dapat menghasilkan rupa dan suara dalam satu unit media
      Media audio motion visual, penggunan segala kemampuan audio dan visual dalam kelas, seperti televise
      Media audio still visual, lengkap kecuali penampilan motion( tidak memiliki gerak)
      Media audio semi-motion, media yang berkemampuan menampilkan titik- titik tetapi tidak bisa menstramisi secara utuh suatu motion yang nyata.
      Media mition visual, silent film,
      Media still visual, gambar dan transpransi
      Media audio, telepon dan radio
      Media cetak, yang hanya menapilkan informasi berupa symbol- symbol tertentu, seperti buku.
d.      Pengelompokan Berdasarkan Penggunaannya
      Bedasarkan jumlah penggunaannya
      Berdasarkan cara penggunaannya
      Berdasarkan hirarki menfaat media
e.      Berdasarkan Hirakri Manfaat Media
Semakin rumit jenis perangkat media yang dipakai, semakin mahal biaya investasinya, semakin susah pengadaannya, tetapi semakin umum penggunaannya dan semakin luas lingkup sasarannya. Sebaliknya, semakin sederhana jenis perangkatnya, semakin murah biaya, semakin mudah penggadaan, sifat penggunaanya semakin khusus dan lingkup sasarannya semakin terbatas.

















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Sudah sangat banyak ragam dan format media yang dikembangkan dan diproduksi untuk pembelajaran, namum pada dasarnya media tersebut dapat di kelompokkan menjadi empat jenis, yaitu : Media Audio,  media visual, media audio-visual, dan multimedia.
2.      Pengelompokan media pembelajaran itu sangatlah penting. Media pembelajaran diklasifikasikan berdasarkan ciri fisik, berdasarkan pengalaman belajar, berdasarkan persepsi indera, berdasarkan pengunaan, dan berdasarkan manfaat atau hirarki.
3.      Setiap media pembelajaran memiliki karakteristik masing-masing itu semua berdasarkan dari jenis media pembelajaran.

B.     Kritik dan Saran
Demikian makalah psikologi pendidikan yang dapat kami paparkan. Semoga barmanfa’at. Dan tentunya makalah ini tidak terlepas dari kesalahan, kekurangan, dan kekeliruan. Oleh karena itu penulis memohpon kritik dan saran yang bersifat membangun guna perbaikan makalah selanjutnya.





 

DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Ashar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. 2010. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada.
Sadiman, Arif S. 2009. Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
http://fatimahsukses21.blogspot.com/2012/11/klasifikasi-dan-karakteristik-media.html


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar